Thor Ragnarok

Ragnarok bisa diartikan sebagai kiamat, dalam film ini maksudnya adalah kiamat bagi Asgard, kampung halaman Thor (Chris Hemsworth). Penyebabnya adalah Hela (Cate Blanchett) yang ternyata kakak dari Thor yang tidak ia ketahui hingga menjelang ajal sang ayah, raja Odin. Hela memiliki kekuatan yang luar biasa hingga mampu menghancurkan Mjolnir, palu gada sakti milik Thor. Setelah sekian lama dipenjara oleh Odin (Anthony Hopkins), Hela ingin menaklukkan Asgard dan menduduki tahtanya. Dalam usahanya melawan Hela, Thor bersama Loki (Tom Hiddleston) malah terdampar ke planet Sakaar yang dipimpin Grandmaster (Jeff Goldblum yang sangat menikmati perannya). Thor ditawan Grandmaster untuk dijadikan gladiator melawan jagoan planet Sakaar yang ternyata adalah Hulk (Mark Ruffalo), yang susah diajak kerjasama untuk menyelamatkan Ass Guard.. eh maksudnya Asgard. Thor sadar bahwa ia tidak bisa menghadapi Hela sendirian, ia butuh bantuan dan itulah alasan terbentuknya team Revengers (bukan saingan Avengers).

Dari subjudul Ragnarok dan lagu Immigrant Song-nya Led Zeppelin yang membahana sejak trailernya dirilis harusnya Anda sudah bisa menebak ending apa yang akan terjadi pada Asgard. Dan bicara soal lagu, setelah lagu Eurythmics yang berjudul Sweet Dreams (are made of this) melekat pada karakter superhero Quicksilver di film X-Men maka saya yakin seyakin-yakinnya kalau lagu Immigrant Song akan melekat pada karakter Thor. Taika Waititi memang dari awal cukup ngotot untuk menggunakan lagu yang rilis tahun 1970 ini karena liriknya sangat pas dengan filmnya dan hasil akhirnya di film ini menurut saya cukup keren. Sayangnya Duran Duran cuma muncul dalam bentuk kaos yang dipakai Bruce Banner, gak ada lagunya, kalau ada pasti keren  *sigh*

Kalau Deadpool terlihat seru karena komedinya yang super jorok, maka Thor Ragnarok jauh lebih aman meskipun masih ada istilah nyeleneh seperti ass-guard dan devil’s anus. Sutradara Taika Waititi yang pernah membuat mockumentary berjudul What We Do In The Shadow (it’s a must see movie!) menurut saya berhasil membuat sebuah film komedi dengan latar belakang kisah superhero, bukan superhero yang melucu seperti Deadpool. Film ini menjadi sangat menarik karena yang melucu bukan cuma satu atau dua karakter seperti film Deadpool atau Guardians of The Galaxy, tapi hampir semua karakter yang muncul di film ini diberikan porsi untuk melucu termasuk Hulk yang secara fisik terlihat sangar. Mungkin hanya Waititi dan penulis cerita Craig Kyle & Christoper Yost yang kepikiran untuk membuat titit-nya Hulk jadi lelucon. Untuk urusan komedi, Taika Waititi emang juara lah….

Cerita Ragnarok sebenarnya bisa dibilang agak njelimet karena banyak subplot yang menurut saya saling tumpang tindih, namun Waititi cukup berhasil membuat Anda terhindar dari mumet, malah membuat Anda ketawa atau minimal tersenyum dengan lelucon-lelucon sederhana yang bertebaran sepanjang durasi 2 jam lebih dan melupakan kerumitan kisahnya (termasuk plot holes-nya). Yang paling lucu adalah lelucon-lelucon yang mengejek superhero marvel itu sendiri. Mulai dari celana ketat Tony Stark, Avengers terkuat untuk password login, emailnya Thor, superhero selfie dengan penggemarnya dan masih banyak lagi. Salah satu subplot yang menarik perhatian saya adalah Doctor Strange yang muncul sebagai cameo kayaknya punya hubungan baik dengan Odin. I’d like to see more if this….

Jika Anda penggemar film superhero Marvel mungkin akan ngambek kalau saya bilang film Thor pertama dan Thor The Dark World merupakan film MCU (Marvel Cinematic Universe) yang paling gak seru dan membosankan. Kabar baiknya adalah Thor Ragnarok jadi film Thor terbaik dibanding 2 film Thor sebelumnya dan jadi film MCU paling seru setelah Guardians of the Galaxy. Semua pemain tampil dengan baik dan terlihat sangat menikmati peran mereka masing-masing dan yang paling menonjol adalah Hemswoth dan Goldblum.

Overall, Thor Ragnarok tidak boleh dilewatkan! Yang bukan penggemar kisah superhero akan terhibur dengan komedinya dan penggemar berat Marvel bisa tersenyum dan excited dengan banyaknya referensi MCU dari film-film sebelumnya. FYI, pastikan Anda tetap duduk untuk adegan tambahan yang muncul setelah end credit tittle dan jumlahnya ada 2.

Leave a Reply

Tags: ,