The Martian; Cast Away in the Red Planet

Baru-baru ini NASA mengumumkan penemuan air di planet Mars, entah disengaja atau tidak, waktunya berdekatan dengan rilisnya film karya Ridley Scott yang terbaru, asyiknya lagi… Ridley Scott kembali menggarap science fiction (saya senang sekali kalau Scott membuat film bergenre yang satu ini) yang diangkat dari novel karya Andy Weir berjudul The Martian.

The_Martian_Banner

NASA mengirimkan misi berawak 6 orang ke planet Mars untuk mempelajari dan mengambil sampel dari planet merah tersebut. Sebuah badai pasir membuat para kru harus meninggalkan planet tersebut secepatnya, sialnya seorang ahli botani bernama Mark Watney (Matt Damon) mengalami kecelakaan sehingga terpaksa ditinggalkan karena dianggap sudah meninggal.

themartian-crew-banner

Tak disangka ternyata Watney masih hidup dan mencoba berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup dengan cara menanam kentang dengan bantuan air buatan dan kotoran pup-nya sendiri hingga misi NASA yang berikutnya datang untuk menjemput Watney…  kalau sesuai jadwal ya 4 tahun lagi…

the-martian-matt-damon-2015

Meskipun diangkat dari kisah novel, tak pelak lagi bahwa The Martian terasa seperti iklan NASA yang berdurasi 2 jam lebih. Untungnya Ridley Scott menggarapnya dengan sangat apik sehingga Anda bisa melupakan merk NASA untuk sesaat dan terpaku pada perjuangan Mark Watney untuk bertahan hodup,seorang ahli botani paling hebat di planet Mars… ya karena cuma ada dia satu-satunya orang yang ada disana… “in your face… Neil Armstrong!!” ?

martian-movie

Kisahnya cukup cerdas dan banyak materi ilmiah yang bisa dibilang akan menambah pengetahuan para penontonnya jika menyimak dengan baik. Infonya, berbagai solusi yang dibuat Watney berdasarkan ilmu science yang aplicable alias bisa dipraktekkan jika materinya ada. Ridley Scott memang punya konsep layaknya MacGyver yang terdampar di tempat terpencil.

THE MARTIAN

Overall.. The Martian jadi salah satu film scifi yang cerdas sekaligus menghibur. Meskipun mengingatkan saya pada film Cast Away dan Apollo 13, The Martian  mampu memberikan ‘nilai lebih’ berkat materi yang bagus dan performa semua pemain yang luar biasa, terutama Matt Damon. It’s a must see..!

 

It scores 8 outta 10!

the-martian-ares-3

Leave a Reply