The Man from U.N.C.L.E ; stylish retro spies

Diangkat dari serial televisi yang populer tahun 60an, The Man from UNCLE turut meramaikan layar bioskop dengan cerita spionase yang cukup banyak dirilis tahun 2015 ini, ada Kingsman dan Spy, belum termasuk film James Bond yang akan rilis di akhir tahun.

the man from uncle big

Sutradara Guy Ritchie bertanggung jawab atas film yang dibintangi si Superman; Henry Cavill sebagai Napoleon Solo dan si Lone Ranger; Armie Hammer sebagai Illya Kuryakin. Solo adalah mantan pencuri yang direkrut CIA untuk jadi agen rahasia mereka sementara Kuryakin adalah agen terbaik yang dimiliki KGB. Karena cerita bersetting di tahun 60an dan perang dingin masih berlangsung maka persaingan antara Amerika dan Soviet sedang berlangsung dengan sengit. Begitu juga dengan dua agen rahasia ini, awalnya mereka berdua bersaing mendapatkan seorang wanita bernama Gaby (Alicia Vikander), namun akhirnya mereka harus bekerjasama menjaga Gaby dan menemukan ayah Gaby yang sedang diburu CIA dan KGB.

Film The Man From U.N.C.L.E

Sebenarnya kisah yang ingin disampaikan bisa dibilang cukup rumit dan ada twist yang melibatkan agen rahasia Inggris, tapi Guy Ritchie mempresentasikannya dengan baik sehingga bisa mengalir lancar tanpa membuat penonton harus berfikir keras, setiap misteri yang muncul akan diungkap satu persatu seiring dengan berjalannya kisah hingga akhir film dengan gaya khas Guy Ritchie (yang mengingatkan saya pada 2 film Sherlock Holmes).

man-from-uncle posters

Cerita yang disampaikan film ini kayaknya prequel dari serial tivinya karena organisasi U.N.C.L.E. (United Network Command for Law and Enforcement) baru disebut di penghujung film. Ada hubungan emosional yang unik dan lucu antara Solo dan Kuryakin, inilah yang jadi salah satu kelebihan The Man from UNCLE selain production design dan kostum yang juga ciamik. Cavill, Hammer dan Vikander mampu tampil dengan baik sesuai peran masing-masing, chemistry diantara mereka bertiga juga cukup baik. Vikander benar-benar mencuri perhatian seperti yang pernah ia lakukan di film Ex Machina. Bintang pendukungnya juga tampil baik, terutama Jared Harris dan Hugh Grant, sehingga secara keseluruhan enak untuk ditonton.

The-Man-From-UNCLE-2015-movie

Overall film The Man from UNCLE cukup seru dan menghibur, sajian drama, aksi dan komedinya dalam proporsi yang pas. Beberapa kekurangan dari sisi teknis gak akan terlalu terasa, kecuali aksen Soviet si Kuryakin yang cukup mengganggu saya. Jadi jika Anda mencari hiburan retro yang lucu, film The Man from UNCLE adalah salah satunya.

IMG_20150904_172849

 

It scores 7 outta 10!

Leave a Reply