the last case of Mr. Holmes

Yang dilakukan sutradara Guy Ritchie terhadap karakter Sherlock Holmes yang dibintangi Robert Downey Jr. cukup menarik dan sangat menghibur. Kini ada satu film lagi tentang detektif Sherlock Holmes besutan sutradara Bill Condon dengan pendekatan yang agak beda, Mr. Holmes digambarkan berusia 93 tahun dan berjibaku dengan ingatannya yang mulai hilang demi menemukan solusi sebuah kasus yang sifatnya sangat pribadi.

IMG_20151119_072550

Setelah pensiun dari kerjaannya memecahkan berbagai misteri, Sherlock Holmes (Ian McKellen) tinggal di rumah peristirahatannya di pedesaan Inggris. Dibantu seorang housekeeper bernama Mrs. Munro (Laura Linney) dan anaknya yang bernama Roger (Milo Parker). Kondisi Holmes yang memang sudah renta dan sering lupa cukup menyusahkan Mrs. Munro sehingga membuat ia tidak betah dan ingin segera pergi.

IMG_20151119_072537

Lain halnya dengan Roger yang sangat mengagumi Holmes, terutama dalam menganalisa situasi dan menarik kesimpulan untuk memecahkan masalah. Holmes sedang membuat cerita tentang kasus terakhir yang ia pernah tangani, problemnya adalah ingatan yang mulai pudar sehingga ia kesulitan dalam menyelesaikan kisahnya. Secara tidak langsung (dan tidak sengaja) Roger membantu Mr. Holmes dalam merangkai memorinya secara perlahan hingga akhirnya terungkap kasus terakhir dengan ending paling pahit yang pernah ia kerjakan.

IMG_20151119_072531

Sir Ian McKellen tampil sangat prima sebagai Mr. Holmes diusianya yang tidak muda. Ia berhasil memberikan nyawa yang agak berbeda pada karakter Sherlock Holmes dari yang pernah ada sebelumnya. Semua pemain pendukung juga tampil baik sehingga secara keseluruhan film ini enak untuk disaksikan.

IMG_20151119_072249

Kalau dalam versi Robert Downey Jr. Sherlock Holmes terlihat seperti jagoan, maka versi McKellen terlihat jauh lebih cerdas dan berwibawa. Kisahnya sendiri diangkat dari buku karangan Mitch Cullin yang berjudul ‘A Slight Trick of the Mind‘. Yup.. Buku yang satu ini bukan karangan sir Arthur Conan Doyle.

IMG_20151119_072410

So, if you love Sherlock Holmes, you have to see Mr. Holmes! Bukan hanya karena ini adalah kasus terakhir tapi juga kasus paling personal yang pernah dikerjakannya. Plus, semua aspek film ini yang tereksekusi dengan optimal sehingga jadi tontonan yang menyenangkan sekaligus sedih dan indah bercampur jadi satu….

IMG_20151119_072434

Leave a Reply