The Gunman; around the world for Annie

Saya punya satu alasan unik untuk menyaksikan film The Gunman karya sutradara Pierre Morel ini, bagaimana aktor Sean Penn memainkan karakter aksi di usianya yang sudah tidak lagi muda? Saya punya ekspektasi yang tinggi karena ada nama Morel yang bertanggung jawab atas kesuksesan Liam Neeson dalam film Taken yang pertama, plus nama besar Sean Penn yang penuh kharisma.
Penn memerankan James Terrier yang bekerja pada perusahaan security di Congo dengan bisnis terselubung   berupa kontrak pembunuhan menteri pertambangan. Setelah ‘tugas’ tersebut selesai Jim harus meninggalkan benua Afrika serta Annie (Jasmine Trinca), kekasih yang ia cintai. 8 tahun kemudian Jim mendapati dirinya menjadi incaran pembunuhan, kemungkinan besar berkaitan dengan ‘tugas’ yang pernah ia lakukan. Jim memutuskan untuk mencari tahu kebenarannya dan menemukan fakta yang mengejutkan.. Ralat, menyebalkan.

 

Ekspektasi saya yang tinggi ternyata kandas di 30 menit pertama, awalnya saya mengharapkan sebuah film action yang menarik layaknya film Taken, ternyata The Gunman hanyalah sebuah drama bernuansa thriller dengan (sangat) sedikit aksi, jadi jangan terkecoh dengan trailer yang Anda pernah saksikan. Satu kelemahan yang cukup mengganggu ada pada naskah film ini, talent yang luar biasa seperti Sean Penn, Javier Bardem dan Ray Winston terasa sia-sia karena mereka semua tampil dengan apik dengan karakternya masing-masing, sementara skripnya terasa sama sekali tidak mendukung para aktor untuk mengembangkan karakter yang mereka bawakan. Padahal Penn terlibat dalam penulisan naskah yang kisahnya diangkat dari novel berjudul ‘The Prone Gunman’ karya Jean-Patrick Manchette ini. Penn sendiri kayaknya sudah cocok untuk menjadi bintang laga jika dilihat dari gayanya membawakan karakter Jim Terrier. Selain skrip, sisi lainnya menurut saya sih diatas rata-rata, adegan aksinya dikoreografikan dengan baik sehingga enak disaksikan. Overall.. It’s not the best thriller and also not the worst of all…

 

It scores 5 outta 10!

Leave a Reply