The Canal ; a blend of old & new horror

David Williams (Rupert Evans) dan istrinya yang sedang hamil, Alice (Hannah Hoekstra), membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal mereka yang baru. 5 tahun kemudian David mengetahui dari arsip film lama ditempat kerjanya bahwa rumah yang ia tinggali pernah menjadi TKP pembunuhan keji di tahun 1902. Dan hal-hal aneh pun mulai terjadi..

the-canal

Kisahnya memang agak klise, sebuah rumah yang pernah menjadi tempat kejadian perkara pembunuhan dan hantu pembunuhnya masih gentayangan ‘mengganggu’ penghuni baru. Sebenarnya jalan cerita The Canal sudah bisa ditebak ketika David mengumpulkan artikel tentang apa yang terjadi di rumahnya, yes.. history repeat itself.. and yes.. it’s always the husband…

canal david

Sutradara Ivan Kavanagh yang juga merangkap  sebagai penulis cerita, memadukan konsep old & new horror. Kalau buat saya yang terjadi malah mengingatkan pada film horor yang sudah ada seperti Sinister (karena ada rekaman video yang usang) dan Ringu (karena ada wanita berambut panjang keluar dari dalam tembok dengan gaya yang sama dengan Samara).

Kalau film Demonic berurusan dengan iblisnya langsung, The Canal mengandalkan gangguan psikologis yang diakibatkan oleh hantu yang kayaknya juga mengabdi pada iblis yang disebut ‘The Boss’. In the end, agak susah membedakan gangguan psikologis dan rayuan hantu yang dialami David hingga mencapai ending film yang cukup miris, mungkin karena saya punya anak kecil, jadi agak ngeri juga membayangkan apa yang terjadi pada Billy (Calum Heath) di akhir film.

canal-2014-03

Overall… The Canal cukup baik dalam menyajikan sebuah kisah horor, bila Anda mudah ketakutan maka film ini cukup menghibur, tapi kalau Anda gak gampang takut ya kemungkinan akan tertidur di paruh pertama durasinya.

 

It scores 5 outta 10!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *