#Terminator #Genisys; a twist from the future

Seri Terminator kayaknya tidak bisa lepas dari aktor Arnold Schwarzenegger, terbukti dari kemunculan dirinya disemua film Terminator.  Begitu juga dengan installment terbaru yang rilis tahun ini dibawah arahan sutradara Alan Taylor, Terminator Genisys.

IMG_20150617_070156

John Connor (Jason Clarke) berhasil melumpuhkan Skynet, sebuah program komputer yang memicu perang antara manusia dan mesin, namun sesaat sebelum dilumpuhkan, sebuah robot T-800 (Schwarzenegger berwajah muda) berhasil dikirim ke tahun 1984 untuk membunuh ibunya John,  Sarah Connor. Demi menyelamatkan Sarah maka Kyle Reese (Jai Courtney) mengajukan diri untuk pergi ke tahun 1984, sesaat sebelum ‘melompat’ menggunakan mesin waktu Kyle melihat John Connor diserang seorang Terminator. And the twist begin..

IMG_20150617_065927

Dari sini awalnya saya mengira kisahnya akan nyambung dengan The Terminator yang pertama, ternyata saya salah. Sarah Connor yang ada di tahun 1984 ini (diperankan Emilia Clarke) ternyata jauh lebih tangguh dari yang Kyle kira. Bukan itu saja, Sarah juga ditemani robot T-800 (Arnold Schwarzenegger) yang menjaga keselamatan dirinya sejak Sarah berusia 9 tahun. Awalnya Kyle memiliki misi untuk menyelamatkan Sarah namun kini kondisi telah berbalik, mereka bertiga harus berpacu dengan waktu untuk menghentikan Skynet yang kini bernama Genisys.

IMG_20150617_065937

Dikabarkan bahwa James Cameron (bapaknya Terminator ☺) ‘merestui’ kisah versi Alan Taylor ini, jika Anda penggemar berat Terminator maka Anda akan mengenali banyak memorable scene dari film pertama dan kedua yang muncul di Terminator Genisys. Mulai dari T-800 muda, T1000, nitrogen cair, mobil tanki yang meledak, motor gede dan masih banyak lagi.

IMG_20150615_091905

Terminator Genisys penuh dengan adegan aksi berbalut spesial efek yang memanjakan mata, namun ceritanya seperti ada yang dipaksakan, persis seperti nyengirnya Schwarzenegger di film ini. Ada beberapa plot holes yang mengganggu saya tapi mudah mudahan hal itu bisa dijelaskan nanti dalam film sequelnya. Yup… Infonya Genisys adalah awal dari trilogi Terminator yang baru, jadi bersiaplah untuk melihat lagi senyuman T-800 yang ganjil itu.

IMG_20150617_070337

Formula di film Genisys agak mirip dengan Jurassic World, mereka mencoba melepaskan diri dari kisah yang lama dengan cara menampilkan elemen elemen dari film sebelumnya yang sudah menempel di ingatan kita lalu move on dengan kisah yang baru. Nah.. Kalau buat saya, jika sudah jadi memorable scenes maka akan susah menggantikannya meskipun hasil remake nya bisa lebih baik. Saya masih ingat betul transformasi Sarah Connor dari wanita yang rapuh di film pertama, berubah drastis menjadi wanita tangguh di film kedua dengan alasan yang jelas, simpel dan logis yaitu menyelamatkan putra yang ia cintai (dua jempol dari saya untuk aktris Linda Hamilton yang melakukan perubahan ini dengan ciamik). Aktris Emilia Clarke tidak terlalu buruk performanya namun saya tidak melihat spirit Sarah Connor yang sudah melekat dibenak saya. Performa para pemain lainnya juga tidak buruk, buat saya sih masalahnya ada di naskah.

 

Overall… If you’re an action movie fans, you’ll love Genisys.

If you’re a Terminator fans, prepare for a new timeline… And that horrible smile of T-800.. Old but not obsolete..

 

It scores 5 outta 10!

Leave a Reply