#StarWars Episode VIII: The Last Jedi

Spoiler Alert! Star Wars Episode V: Empire Strikes Back (the BEST episode of this saga) is a spoiler for The Last Jedi!

Spoilernya dimana? Ya dimana-mana. The Last Jedi jelas merupakan penghormatan buat film Star Wars klasiknya yaitu Episode IV sampai VI. Jika Anda penggemar berat Star Wars saga terutama trilogi yang pertama maka The Last Jedi tidak boleh dilewatkan, you’re gonna love this one…!

Sutradara Rian Johnson langsung melanjutkan akhir dari film The Force Awakens karya JJ Abrams. Rey (Daisy Ridley) bertemu Luke Skywalker (Mark Hamill) yang legendaris dan memintanya untuk bergabung bersama kelompok Resistance pimpinan adiknya, Jendral Leia Organa (mendiang Carrie Fisher). Masalahnya Luke sudah ogah berurusan dengan gerombolan First Order apalagi dengan keponakannya, Kylo Ren (Adam Driver) alias Ben Solo alias anaknya Han Solo dan leia alias muridnya Supreme Leader Snoke (Andy Serkis). Sementara itu Kylo Ren sendiri sebenarnya masih galau soal the dark side of the Force. Sementara itu di pangkalan Resistance Finn (John Boyega) mencoba mencari jalan keluar dari serangan First Order yang selalu membuntuti mereka. Dengan bantuan Poe Dameron (Oscar Isaac) dan Rose (Kelly Marie Tran), Finn berburu seorang codebreaker (Benicio Del Toro) satu-satunya orang yang mengetahui bagaimana cara menonaktifkan tracker milik First Order.

Dengan durasi hampir 2,5 jam Anda akan dijejali banyak karakter dan beberapa subplot, bagi fans berat Star Wars tentu saja menggembirakan karena inilah durasi terlama dari semua episode yang sudah ada. Tentu saja bagi penggemar medioker atau yang cuma ikut-ikutan akan merasa kebosanan karena bisa dibilang film ini adalah drama keluarga dengan setting angkasa luar. Saya pribadi bukan penggemar berat Star Wars saga tapi memfavoritkan Episode IV dan V sejak 30 tahun yang lalu. Jadi ketika Rian Johnson mengkiblatkan cerita The Last Jedi ke Episode V maka saya menobatkan sebagai film Star Wars terbaik setelah Episode V.

Untuk sebuah film franchise, The Last Jedi merupakan sebuah paket komplit, ada drama, action, comedy, visual efek yang indah dan plot twist yang seru. Semua pemain tampil dengan baik sesuai porsinya dan yang paling bersinar tentunya Mark Hamill yang kembali memerankan Luke Skywalker (dilayar lebar) hampir 30 tahun setelah Return of the Jedi. Menurut saya, berkat Luke yang diperankan Hamill dengan apik membuat The Last Jedi menjadi lebih ‘hidup’. Selain Luke yang merupakan karakter lama, ada karakter baru yang juga menarik perhatian, Rose Tico yang diperankan Kelly Marie Tran menjadi kunci yang memperkaya cerita film ini. Atau mungkin Anda lebih suka dengan kehadiran Porg yang imut? Saya sih nggak tertarik dengan Porg…

Overall, The Last Jedi adalah kisah Star Wars yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemarnya, saya pribadi gak sabar dengan Episode IX karena Episode VIII ini hasilnya melebihi ekspektasi saya yang ternyata bisa lebih bagus dari The Force Awakens. Apakah nanti Episode IX bisa lebih bagus dari film? Mudah-mudahan Rian Johnson dan JJ Abrams mendapat petunjuk yang bagus dari the Force… may the force be with them….

 

Leave a Reply