#Southpaw; boxing for a better life

Olahraga tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup sering diangkat ke layar lebar, kalau buat saya yang paling memorable adalah Rocky. Kini sutradara Antoine Fuqua menampilkan pertandingan diatas ring tinju yang berjudul Southpaw.

southpaw_ver5_xlg

Billy Hope (Jake Gyllenhaal) adalah petinju profesional yang menyandang gelar juara dunia untuk kelas Light Heavyweight. Maureen Hope (Rachel McAdams) bertugas sebagai manajer pribadi merangkap istri yang disayangi Billy, mereka punya seorang putri  bernama Leila (Oona Laurence). Billy amat sangat bergantung pada istrinya dalam segala hal, dan ketika ia ditinggal sang istri tercinta maka kehidupannya goyah.

southpaw4

Kematian Maureen membuat Billy tenggelam dalam ‘kekacauan’ hingga ia akhirnya kehilangan semua harta dan putrinya tercinta. Bahkan ada satu momen ketika Leila tidak mau lagi bertemu lagi dengan Billy karena saking bencinya. Untuk mengembalikan kehidupannya, Billy harus kembali ke atas ring, namun ia butuh bantuan seorang pelatih. Billy meminta Tick Wills (Forest Whitaker), tapi rupanya Wills punya persyaratan tertentu untuk menerima Billy, syarat yang paling berat adalah Billy harus berubah menjadi orang yang lebih baik, bagi dirinya dan putri yang dicintainya.

Southpaw-Movie-Still-1

Entah kenapa cerita film Southpaw sangat familiar sehingga mengurangi keseruan film ini. Seorang atlit yang kehilangan, hidupnya berantakan, mencoba bangkit dengan bantuan pelatih dan berhasil! Klise memang kedengarannya. Tapi untuk sebuah film dengan kisah yang klise, Southpaw menjadi menarik karena penampilan yang juara dari Gyllenhaal, Whitaker dan semua pemain pendukungnya. Hubungan ayah-anak yang ditampilkan juga menarik, mungkin karena saya punya putri yang seumuran Leila sehingga saya menanggapinya terlalu emosional.

southpaw3

Overall.. Southpaw menampilkan performa juara para aktor yang membintangi film ini meskipun kisahnya agak basi.

SOUTHPAW

 

It scores 5 outta 10!

Leave a Reply

Tags: