SELF/LESS; immortal like agent Smith

Jika Anda penggemar film trilogi The Matrix maka pasti ingat dengan agent Smith(s), karakter lawan dari Neo yang bisa berpindah ke tubuh lain. Konsep mirip seperti itulah yang ada di film Self/Less karya sutradara Tarsem Singh ini.

selfless1

Damian Hale (Ben Kingsley) adalah seorang konglomerat yang mengidap penyakit kanker mematikan dan hidupnya sudah pasti tak akan lama. Karena belum mau mati, ia memilih tawaran dari profesor Albright (Matthew Goode) untuk mengikuti sebuah prosedur medis yang bersifat rahasia, ‘shedding‘. Dengan teknik ini, ‘nyawa’ Damian akan dipindahkan ke tubuh baru yang jauh lebih muda dan sehat wal’afiat. Konsekwensinya ia harus membayar dengan biaya yg sangat mahal dan mengganti identitasnya dengan nama baru, Edward (Ryan Reynolds). Lambat laun Damian menyadari bahwa tubuh yang ia gunakan sekarang adalah tubuh orang lain yang masih hidup bernama Mark dan bukan rekayasa genetik kloning yang disebutkan Albright. Saat ia mencari tahu tentang Mark, ia diburu Albright karena prosedur shedding tidak boleh diketahui publik, dengan cara apapun Damian harus dihentikan.

selfless still2

Entah dengan Anda ya.. Saya pribadi kalau mendengar nama Tarsem Singh akan membayangkan sebuah film dengan visual yang extravaganza, silahkan tonton film The Cell, Immortals dan Mirror Mirror. Tapi khusus untuk film Self/Less kayaknya hal ini gak berlaku. Meski bergenre science fiction, Self/Less menampilkan visual yang sangat sederhana layaknya film drama. Konsep cerita yang ditawarkan menurut saya sebenarnya bisa menjadi kisah yang sangat menarik, tapi entah kenapa hasil akhir yang saya saksikan jadi biasa banget, kalau gak mau dibilang mengecewakan.

selfless_ver4

Penampilan Ben Kingsley dan Ryan Reynolds gak terlalu buruk meskipun bukan penampilan terbaik mereka juga. Dengan sebuah kisah thriller rasanya film ini gak ada tegangnya sama sekali. Dibilang thriller tapi gak thrilling, dibilang drama tapi kurang dalam karakterisasi dan latar belakang kisahnya.

Overall.. buat saya Self/Less terasa serba tanggung, meskipun dibeberapa bagian bisa mengibur penontonnya.

 

It scores 5 outta 10!

Leave a Reply

Tags: