Review Film : Jurassic World

First of all… I really love the original Jurassic Park (1993)! And i kinda enjoyed the rest of the series, meskipun tidak sehebat yang pertama tapi cukup seru dan menghibur, termasuk Jurassic World karya sutradara Colin Trevorrow yang baru saja dirilis.

2015-06-11 07.27.44

Gosip tentang kehadiran film Jurassic Park ke 4 sudah muncul sejak tahun 2001 setelah rilisnya Jurassic Park III, bahkan Steven Spielberg pernah mengkonfirmasi bahwa film ke 4 akan dirilis tahun 2005. Namun sangat disayangkan, proyek dinosaurus favorit saya ini harus tertunda dan terkatung katung karena masalah skrip yang tak kunjung selesai. And now, the dinosaurs are back! Bigger.. Louder… more badass.. !

jurassic-world-indominus-rex-poster

Taman hiburan Jurassic World di pulau Isla Nublar penuh sesak dengan pengunjung yang ingin menyaksikan dinosaurus hidup, termasuk Gray (Ty Simpkins) dan Zach (Nick Robinson).  Mereka berdua adalah keponakan dari Claire Dearing (Bruce Dallas Howard), manajer operasional taman hiburan ini yang super sibuk hingga tidak sempat menemani dua keponakannya sampai akhirnya bahaya menghampiri mereka berdua.

jurassic3

Atas permintaan Masrani (Irrfan Khan) sang pemilik Jurassic World, para ilmuwan yang dipimpin Dr. Wu (BD  Wong) membuat rekayasa genetik untuk menciptakan makhluk baru bernama Indominus Rex demi mendatangkan lebih banyak pengunjung. Sialnya, makhluk ini ternyata amat sangat cerdas sehingga bisa kabur dari kandangnya, serta dibutuhkan lebih dari sekedar sekelompok Velociraptor yang dilatih oleh Owen Grady (Chris Pratt) untuk melumpuhkan makhluk yang jauh lebih ganas dari T-Rex ini.

chris-pratt-velociraptor-jurassic-world

Kayaknya sih film ini ingin memisahkan diri dari trilogi yang sudah ada, perhatikan komentar Claire tentang kaos Jurassic Park yang dipakai oleh Lowery (Jake Johnson), tapi kok ya disisi lain cukup banyak juga memorabilia yang muncul dan beberapa adegan yang justru mengingatkan saya pada film –  film Jurassic Park sebelumnya, same scenes.. Different guy… Yang paling menonjol adalah adegan saat Claire memancing T-Rex untuk mengejar dirinya sambil membawa  flare.. (ingat Dr. Ian Malcolm yang pingsan sebelum pengacara bernama Gennaro ‘dicaplok’ T-Rex di film pertama?)

new-jurassicworld-movie-still-3

Bicara soal caplok mencaplok, hal inilah yang membuat saya suka dengan seri Jurassic Park, untungnya semua adegan dinosaurus mencaplok manusia digarap dengan apik dari film pertama hingga ke empat ini. Karena dinosaurus yang menjadi jualan utama film ini maka bisa dibilang Trevorrow melakukan tugasnya dengan baik. Spesial efek yang dibuat untuk semua dinosaurus di film ini tampil dengan maksimal, kekurangan di sisi cerita yang membuat Jurassic World berkurang kualitasnya, padahal penampilan para pemainnya tidak buruk. Saya pribadi tidak suka dengan konsep Velociraptor yang bisa dilatih bahkan memiliki hubungan emosional dengan Owen Grady, it’s stupid!

jurassic-world run

Overall… Jurassic World is fun to watch in the big screen,  tapi jangan samakan dengan Jurassic Park yang pertama karena kualitasnya beda jauh…

 

It scores 7 outta 10!

Jurassic-World-Irrfan-Khan-IG

Leave a Reply