Review Film : Ex Machina

Jika Anda penggemar science fiction maka film Ex Machina karya sutradara Alex Garland ini wajib untuk ditonton. Ex Machina bukan sci-fi yang bombastis dengan spesial efek wah ala blockbuster Hollywood, it’s simple, smart and stylish.

ex-machina-uk-poster

Caleb (Domnhall Gleeson) adalah seorang programmer di perusahaan milik Nathan Bateman (Oscar Isaac) yang terpilih untuk mengunjungi sang bos dikediamannya yang terpencil tapi memiliki fasilitas riset yang sangat lengkap. Ditempat ini ternyata Nathan menciptakan artificial intelligence, sebuah robot humanoid yang diberi nama Ava (Alicia Vikander) dan Caleb diminta untuk melakukan tes Turing untuk melihat seberapa cerdas dan seberapa ‘manusia’ kah si Ava ini. Semakin lama Caleb mengenal Ava, semakin ia tertarik dan galau,  Ava meminta Caleb membawanya pergi karena Nathan berencana untuk memusnahkan Ava demi membuat  versi yang lebih baik.

ex-machina-poster-3

Bagian terbaik dari film ini ada di cerita dan performa semua bintangnya.  Gleeson, Isaac dan Vikander tampil prima dengan karakternya masing-masing, cerita yang bagus dari tulisan Alex Garland ini juga membuat film Ex Machina bisa menjadi bahan diskusi yang menarik karena berisi isu sosial dan gender yang provocative. Tampilan visual nya juga indah, sederhana tapi indah.

Overall… Ex Machina is one of the best sci-fi movie i ever see.

Leave a Reply