Prisoners; Maze of thrills

                                     
Nama sutradara Denis Villeneuve mungkin asing ditelinga Anda, namun setelah menyaksikan film Prisoners ini saya yakin Anda gak akan melupakannya. Sebenarnya sudah banyak film thriller tentang penculikan anak yang dibuat Hollywood hanya saja yang satu ini agak beda. Jika Anda penggemar kisah drama kriminal (let’s say.. Like.. CSI.. or Criminal Minds?) kemungkinan besar Anda akan menikmati film ini, tapi bila Anda pecinta film action dan berharap film ini mirip film Taken ya bersiaplah untuk terkantuk-kantuk.
Keller Dover (Hugh Jackman) dan istrinya, Grace (Maria Bello) memiliki seorang putra bernama Ralph (Dylan Minnette) dan putri bernama Anna (Erin Gerasimovich) yang masih kecil. Mereka berkunjung ke rumah keluarga Franklin Birch (Terrence Howard) yang tak jauh dari rumah mereka untuk merayakan Thanksgiving bersama. Saat dua putri mereka, Anna dan Joy bermain diluar dan tidak kembali, membuat keluarga Dover dan Birch menjadi panik. Ralph sempat melihat sebuah kendaraan RV yang parkir tak jauh dari rumah mereka dimana ia melihat Anna dan Joy bermain disitu, dan kini mobil RV itu lenyap dan dikhawatirkan menculik Anna dan Joy. Detektif Loki (Jake Gyllenhaal) ditugaskan menangani kasus hilangnya Anna dan Joy, selama ini semua kasus yang ditanganinya selalu berhasil dipecahkan. Penangkapan Alex Jones (Paul Dano) yang memiliki RV yang dicari mengalami jalan buntu, Jones ternyata memiliki IQ yang sama dengan anak usia 10 tahun dan diasumsikan tidak dapat melakukan penculikan. Dover yang tidak percaya dan yakin kalau Jones menculik anaknya, melakukan tindakan main hakim sendiri, ia menculik Jones dan menyiksanya demi mengetahui keberadaan putrinya. Padahal Loki menemukan tersangka lain yang lebih mampu melakukan penculikan dan gerak geriknya yang memang mencurigakan.
                                 
Untuk sebuah drama thriller film Prisoners termasuk salah satu yang berhasil membuat penontonnya tak bergeming (maksudnya untuk Anda penggemar kisah drama kriminal ya..). I have a little daughter and this movie gave me an emotional impact… Selama lebih dari 2 jam film ini memberikan ketegangan dari awal hingga akhir. Penceritaannya sangat detail dan efektif, setiap adegan memiliki arti untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Tidak ada twist yang mengagetkan meskipun kepingan-kepingan puzzlenya cukup rumit, kemungkinan besar Anda bisa menebak pelakunya sebelum dipaparkan, namun hal itu tidak akan mengurangi kenikmatan menonton. Performance para pemainnya juga luar biasa, mereka semua tampil prima, dari awal hingga akhir dan inilah salah satu faktor kekuatan film ini selain cerita dan sinematografinya yang gloomy. Overall.. film ini wajib ditonton bagi Anda yang ingin melakukan character study dan tentu saja para penggemar kisah drama kriminal yang haus akan kisah yang cerdas.
It scores 8 outta 10!

Leave a Reply