Not Robin Hood

Siapa sih yang tidak kenal Robin Hood? Sebagai salah satu penjahat paling charming di dunia Robin Hood merupakan legenda Inggris populer yang termasuk sering diangkat kelayar kaca maupun layar lebar. Setelah Kevin Reynolds sukses mengarahkan Kevin Costner dalam film “Robin Hood : Prince of Thieves” (masih ingat lagu ‘Everything i do’nya Bryan Adams?), kini Ridley Scott yang pernah sukses dengan film Gladiator, kembali mengarahkan Russell Crowe sebagai Robin of the Hood.

Film ini menceritakan Robin Hood SEBELUM ia menjadi Robin Hood. Robin Longstride adalah pemanah handal yang ikut berperang bersama raja Richard ‘The Lionheart’, namun saat raja Richard tewas, Robin bersama teman2nya kabur untuk kembali ke rumah. Diperjalanan ia bertemu Robert Loxley yang tewas dan meminta Robin mengembalikan pedangnya ke Nottingham untuk diberikan kepada ayahnya, Sir Walter Loxley. Di Nottingham Robin malah diminta untuk berpura-pura menjadi anaknya agar tanahnya tidak diambil oleh Sheriff of Nottingham dan raja John. Ketamakan raja John yang ingin menarik pajak dengan gila-gilaan membuat para bangsawan geram dan ingin menjatuhkan sang raja, padahal salah satu personil kerajaan telah berkhianat dan bersekongkol dengan raja Philip dari Perancis untuk menjatuhkannya. Namun Robin berhasil meyakinkan para bangsawan untuk saling bersatu melawan raja Perancis demi mempertahankan tanah Inggris, dengan janji raja John untuk memberi kebebasan pajak bagi rakyat Inggris.

Overall film ini cukup bagus terutama untuk sinematografinya. Walaupun agak membosankan dan berbeda dari gambaran Robin Hood yang sudah kita kenal, film ini menawarkan perspektif baru tentang siapa Robin Hood. Lupakan semua film Robin Hood yang pernah Anda saksikan sampai film ini berakhir, film ini meruapakan sequel kisah Robin Hood yang kenal.

It’s 7 outta 10 !

Leave a Reply