Movie Review : #Escobar #ParadiseLost

Tahun 80an hingga 1992 menjadi jaman kejayaan Pablo Escobar, seorang drug lord dari Kolombia, salah satu kriminal paling kaya didunia yang juga dianggap sebagai Robin Hood bagi sebagian warga Kolombia, terutama rakyat miskin yang tinggal di Medellin, kampung halaman Escobar di Kolombia. Film Paradise Lost karya debut sutradara Andrea Di Stefano ini sebenarnya bukan berfokus pada Escobar yang diperankan dengan brilian oleh Benicio Del Toro, melainkan pada karakter Nick Brady yang diperankan Josh Hutcherson.

Nick dan Dylan (Brady Corbet) adalah kakak beradik yang merantau dari Kanada ke Kolombia untuk mencari tempat tinggal. Mereka menemukan sebuah pantai yang cocok untuk tempat mereka memulai hidup baru. Ditempat inilah Nick bertemu dan jatuh cinta dengan Maria (Claudia Traisac) yang ternyata keponakan dari Pablo Escobar (Benicio Del Toro). Ketika Nick menyadari siapa Escobar sebenarnya, semuanya sudah terlambat karena ia sudah menjadi bagian dari ‘keluarga’ Escobar.

Penonton yang lahir tahun 90an mungkin gak mengenal Escobar, sementara bagi yang sudah tidak asing pasti tahu bahwa Pablo Escobar adalah sebuah fenomena yang luar biasa. Paradise Lost akan memberikan informasi yang cukup bagi yang belum tahu dan mengingatkan kembali bagi yang pernah mengikuti beritanya beberapa dekade yang lalu.

Meanwhile… Film ini memberikan gambaran yang cukup unik tentang Escobar, meskipun bisa dibilang ia hanya karakter pendamping namun penampilan Del Toro yang luar biasa bisa membuat Escobar lebih menonjol dibandingkan karakter lainnya. Penampilan Hutcherson tidak buruk namun tertutup oleh kharisma Del Toro yang mendominasi ketika ia muncul di layar.

Overall.. Hanya ada satu hal yang menarik dari film ini yaitu Benicio Del Toro dan lainnya hanya sebagai pelengkap dari sebuah kisah fiksi yang dipadukan  dengan kisah nyata.  And btw, gaya penceritaan back and forth nya diawal dan akhir film cukup mengganggu buat saya.

 

It scores 6 outta 10!

Leave a Reply