Movie Review : Birdman

Film karya sutradara Alejandro Gonzales Inarritu ini sangat unik. Bagaimana tidak? Film seolah olah direkam secara kontinyu, terus menerus tanpa jeda. Cinematografi karya Emmanuel Lubezki luar biasa ciamik!

IMG_20160204_155108

Kisahnya tentang seorang aktor yang sudah pudar masa ketenarannya, Riggan Thomson (Michael Keaton) yang sempat populer memerankan karakter superhero Birdman 20 tahun yang lalu mencoba untuk eksis lagi dengan membuat sebuah drama panggung Broadway. Ia berharap drama ini bisa sukses namun kendala yang dihadapi cukup banyak sehingga membuat ia stres berat sebelum pertunjukan perdana dimulai.

IMG_20160204_155448

Adegan akhir dari drama tersebut menggambarkan karakter yang dibawakan Riggan menembak dirinya sendiri, secara diam-diam Riggan memutuskan untuk mengganti pistol properti panggung dengan pistol sungguhan demi menghasilkan pertunjukan yang dramatis.

IMG_20160204_155055

Film ini selain unik juga unggul dari semua aspek. Dari sisi teknis, yang paling menonjol adalah sinematografi, editing dan production design. Tingkat kesulitan untuk membuat film ini benar-benar luar biasa. Dari sisi non teknis juga terlihat sekali bahwa film ini mencoba untuk tampil berbeda. Naskah yang ditulis Inarritu dan Nicolas Giacobone memberikan gambaran menarik tentang sisi lain dunia showbiz. Performance semua aktor dan aktris sangat prima, baik pemeran pendukung apalagi para pemeran utamanya. Overall.. It’s one of the best movie i ever see.. And i encourage you to see it! 

IMG_20160204_155525

Leave a Reply