Macbeth

Saya asumsikan Anda sudah tahu kisah Macbeth, atau mungkin baru dengar nama Macbeth? Jika Anda baru mendengar nama Macbeth maka ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengetahui salah satu kisah tragedi karangan William Shakespeare yang paling sering diceritakan ulang, baik dalam bentuk film, tivi, drama dan buku sejak abad ke 17.

macbeth banner1

Bagi yang belum tahu, Macbeth (Michael Fassbender) membantu raja Duncan (David Thewlis) dalam peperangan. Ketika Macbeth diangkat jadi bangsawan, ia malah membunuh raja Duncan agar ia menjadi raja. Putra raja Duncan yang bernama Malcolm (Jack Reynor) tahu bahwa Macbeth yang membunuh ayahnya dan kabur demi menyusun kekuatan untuk membalas dendam. Saling bunuh bunuhan memang jadi inti cerita kisah ini.

IMG_20160127_081412

Satu hal yang perlu Anda ketahui, dialog film ini menggunakan gaya bahasa ala Shakespeare, jadi butuh perhatian lebih jika Anda ingin memahami jalan cerita yang lebih dalam. Jika Anda bukan penggemar berat karya Shakespeare maka bersiaplah terkantuk-kantuk menyaksikannya.

IMG_20160127_081725

Film Macbeth karya sutradara Justin Kurzel ini sebenarnya cukup menarik, terutama tampilan visual pegunungan (Skotlandia?) yang indah. Dan yang membuat film ini juara adalah (jelas) penampilan prima Michael Fassbender sebagai Macbeth dan Marion Cotillard sebagai Lady Macbeth.

IMG_20160127_081541

Overall, film Macbeth ini bisa jadi bahan diskusi sastra yang menarik disekolah.. Eh Jangan deh.. Di kampus aja, karena materinya 18+… Saat membahas karya sastra yang dibuat William Shakespeare.

IMG_20160127_081500

Leave a Reply