Justice League

SPOILER ALERT! Superman hidup lagi…! and Wonder Woman steal the show… AGAIN!

Para penggemar DC pasti sudah cukup capek menunggu dan gregetan karena butuh waktu yang sangat lama bagi Justice League untuk muncul, keduluan dengan The Avengers yang sudah merilis 2 film dan bersiap dengan film ketiga yang dibagi menjadi 2 bagian. Sedangkan Justice League baru rilis bulan November ini. Batman v Superman kayaknya gak masuk hitungan karena kemunculan Flash dan Aquaman hanya sebagai cameo.

Setelah kematian Superman di film Batman v Superman, dunia berduka dan penjahat bersuka cita karena tidak ada lagi manusia kuat yang menjaga keadilan (yeah right…). Absennya Superman mengundang penjahat dari dunia lain, namanya Steppenwolf (Ciaran Hinds menggunakan motion capture). Kekuatan Steppenwolf tidak bisa dianggap enteng karena ia memiliki pasukan parademon yang berjumlah ratusan. Bruce Wayne (Ben Affleck) yang merasa khawatir bahwa dunia akan hancur, meminta bantuan Diana Prince alias Wonder Woman (Gal Gadot) untuk merekrut Barry Allen alias The Flash (Ezra Miller) dan Victor Stone alias Cyborg (Ray Fisher) untuk bergabung bersama dalam membasmi Steppenwolf. Dengan sedikit resiko, mereka mencoba membangkitkan Superman dari kuburnya dengan harapan mendapat bantuan, dan ternyata mereka kecele. Superman lebih memilih mudik ke kampung bersama Lois Lane (Amy Adams). Kini kelangsungan dunia berada di tangan Batman, Wonder Woman, Flash, Aquaman dan Cyborg yang harus mengalahkan Steppenwolf dengan pasukan Parademon yang jumlahnya berapa? Ratusan…!

Justice League jelas lebih seru daripada BvS, nuansa komedinya cukup mencerahkan suasana sepanjang film meskipun humornya tidak sekental Thor Ragnarok. Yang paling menarik adalah chemistry antar anggota Justice League yang terasa sangat pas. Yang agak ganggu buat saya adalah Steppenwolf karena saya gak tau dia itu siapa dan dari mana datangnya. Spesial efeknya buat saya agak menyebalkan terutama yang berhubungan dengan mother boxes, tapi hal itu terobati dengan sinematografi Fabian Wagner dan musiknya Danny Elfman yang berhasil membuat saya bernostalgia dengan Batman era Michael Keaton karena Batman theme-nya mirip. Sutradara Zack Snyder rupanya berhasil mengambil hikmah dari film BvS banyak kekurangan dan menebusnya dengan menghasilkan film yang lebih baik. FYI, sekitar 30% film ini disutradarai oleh Joss Whedon (ingat The Avengers?) karena saat syuting Zack Snyder harus cuti karena putrinya meninggal dunia.

Overall, Justice League adalah film kumpulan superhero yang sangat menghibur, meskipun bukan yang terbaik tapi Anda gak akan rugi menyaksikannya. Satu lagi, jangan beranjak pergi saat filmnya habis, ada 2 adegan tambahan di bagian tengah dan paling belakang banget, isinya lomba lari Flash vs Superman dan Lex Luthor yang juga sedang merekrut pasukan tandingan Justice League.

Leave a Reply