In The Heart of The Sea

Ketika saya masih sekolah SMP, saya pernah membuka buku berjudul Moby Dick. Kisahnya tentang seorang kapten kapal yang memburu ikan paus demi membalas dendam, menarik. Ternyata eh ternyata kisahnya yang ‘unik’ dan gaya bahasa yang ditulis ala Shakesphere membuat saya mumet ? alhasil saya hanya bertahan beberapa belas halaman saja..

IMG_20151204_085004

Itu terjadi tahun ’91 (klo gak salah) dan tahun 2015 ini saya baru tahu kalau kisah Moby Dick itu ternyata terinspirasi dari sebuah kejadian nyata yang benar-benar terjadi tahun 1820.

IMG_20151204_085800

Sebuah kapal penangkap ikan paus bernama Essex pimpinan kapten George Pollard (Benjamin Walker) dan first mate / kelasi pertama Owen Chase (Chris Hemsworth), berlayar ke laut lepas untuk mengumpulkan minyak ikan paus,  yang pada saat itu sangat populer digunakan sebagai bahan bakar penerangan. Perjalanan mencari ikan paus ini ternyata memakan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya mereka bertemu dengan seekor paus putih yang sangat besar dan sangat murka serta memporak porandakan kapal Essex. Kisah yang diceritakan oleh Thomas Nickerson (Brendan Gleeson) itulah yang menginspirasi pengarang Herman Melville (Ben Whisaw) untuk menulis novel yang kini populer dengan judul Moby Dick.

IMG_20151204_084941

Film In The Heart of The Sea karya Ron Howard ini sangat menarik secara visual, sedap dipandang mata dari awal hingga akhir. Separuh pertama durasinya bisa dibilang sangat bagus tapi lama kelamaan entah kenapa ceritanya mulai kedodoran, padahal penampilan semua aktornya tidak mengecewakan. Sangat disayangkan memang, seandainya kisah film ini dikemas dengan lebih baik dari awal hingga akhir mungkin In The Heart of The Sea bisa jadi salah satu film petualangan yang memorable.

IMG_20151204_085650

Leave a Reply