#IMHO ; why i love #JurassicPark

2015-06-25 15.46.37

One of my all-time favorite movie is Jurassic Park (1993), dengan baru saja dirilisnya film Jurassic World mungkin ini momen yang pas untuk membahas ketertarikan saya pada film yang melibatkan dinosaurus ini, bukan hanya satu tapi ketiga film yang sudah rilis lebih awal akan sekalian saya komentari.

jurassic_park_sunset

Film Jurassic Park yang pertama rilis tahun 1993, disutradarai oleh Steven Spielberg. Kisahnya sendiri diangkat dari novel science fiction karangan Michael Crichton. Steven Spielberg adalah sutradara yang memiliki visi yang unik, saya menyukai semua hasil karyanya kecuali satu, judulnya 1941. Michael Crichton menurut saya adalah seorang penulis yang hebat, beberapa karyanya yang sudah saya baca adalah Sphere, Airframe dan Timeline, novelnya memukau tapi tidak dengan filmnya, yup.. Ketiga kisah itu pernah diangkat ke layar lebar dengan hasil yang kurang maksimal, malah film Timeline termasuk kategori salah satu film terburuk yang pernah saya lihat. Spielberg dan Crichton adalah dua orang yang saya idolakan dan ketika saya membayangkan dua idola saya berkolaborasi maka kemungkinan (besar) saya akan menyukai hasilnya. I was right…!

jurassic-park-spielberg

Jurassic Park yang dibintangi Sam Neill, Laura Dern dan Jeff Goldblum menuai sukses luar biasa. Saya masih ingat ketika ayah saya membawa kami ke sebuah bioskop di daerah Cimanggis pinggir jalan raya Bogor untuk menyaksikan film ini, THIS MOVIE MADE ME WOWED…!

jurassicpark gate

Bagaimana tidak? Selama ini saya hanya melihat dinosaurus dalam buku bergambar, kalaupun ada filmnya sangat terlihat gerakan yang patah patah, rasanya seperti nonton boneka yang direkam frame by frame (ya memang begitu teknik yang digunakan pada saat itu), mungkin yang agak mendingan dilihat adalah monster (mirip dinosaurus) dalam film-film Jepang, gerakannya lebih natural karena menggunakan aktor yang memakai kostum. Saat melihat adegan brachiosaurus yang sedang memakan dedaunan, mulut saya menganga lebar, persis seperti Dr. Alan Grant (Sam Neill) dan Dr. Ellie Sattler (Laura Dern) di saat yang sama ketika John Hammond (Richard Attenborough) mengucapkan kalimat “welcome…to Jurassic Park !”

Jurassic-Park-10

Dan musik alunan John Williams pun menambah sensasi tersendiri serta bikin merinding… They did it! I was hooked!

jurassic brachio2

Sejak detik itu saya fokus pada apa yang tampil dilayar seolah tidak ingin terlewat sedetikpun karena semakin lama film ini membuat saya semakin terpana. Saya sangat mengagumi detail dari semua dinosaurus yang ditampilkan Stan Winston beserta team nya di ILM (Industrial Light and Magic), bukan hanya CGI nya tapi juga animatronik beberapa dinosaurus yang dibuat khusus untuk film ini.

MCDJUPA EC038

Jurassic Park adalah salah satu film yang berhasil membuat saya terpana, takjub, takut dan tegang dalam durasi 120an menit. Jurassic Park satu satunya film yang sukses membuat saya lompat dari kursi saat menyaksikannya pertama kali and i loved it!

JurassicPark kitchen

Anda harus menyaksikan sendiri filmnya untuk bisa merasakan sensasinya, saya sendiri baru menyaksikannya sebanyak 28 kali dalam berbagai format, layar lebar maupun home video sejak 1993 hingga sekarang. And for all that thrilled sensation… That is why i love Jurassic Park…!

 

The Lost World: Jurassic Park

JurassicPark2(2).jpg

Film yang sukses secara finansial di Hollywood sudah pasti akan melahirkan sequel dan kebetulan Michael Crichton juga memiliki novel yang merupakan kelanjutan dari Jurassic Park, judulnya The Lost World (1997) dan Steven Spielberg kembali duduk di kursi sutradara. Sekali lagi kolaborasi antara Spielberg dan Crichton membuat saya memiliki ekspektasi yang tinggi berdasarkan film pertama mereka, dan saya ternyata kecele….

lost world spielberg

Ketika cerita bersetting di pulau Isla Sorna, greget film ini masih terasa dan terjaga dengan baik. Ada beberapa adegan yang cukup memorable buat saya, yang paling berbekas dibenak saya adalah adegan keinjak T-Rex, Sarah dan Nick (diperankan Julianne Moore dan Vince Vaughn) bergelantungan dalam karavan yang jatuh ke jurang serta adegan Velociraptor ditengah ladang yang mengepung terlihat dari atas.. creepy as hell..!!

lost5

Nah.. film The Lost World mendadak berubah jadi payah ketika adegan pindah ke kota San Diego.. Ada T-Rex minum dari kolam renang dan mengamuk di tengah kota.. kenapa musti pindah ke tengah kota sih? come on.. ?!! It sucks..!!!

lost world city1

Dan disitulah saya mulai agak pesimis dengan kelanjutan seri ini, padahal saya ingin melihat dinosaurus lebih sering lagi… terutama ketika mereka memangsa manusia. Keinginan saya terkabul, karena akhirnya muncul Jurassic Park III…

 

JURASSIC PARK III

jurassic park3 logo

Joe Johnston didapuk menjadi sutradara film ketiga yang rilis tahun 2001. Dr. Alan Grant (Sam Neill) kembali hadir sebagai benang merah dari film pertama. Pemain pendukung lainnya adalah William H. Macy, Tea Leoni dan Alessandro Nivola.

jurassicpark3 cast

Overall Jurassic Park III lebih menarik dari The Lost World, terutama dari segi visual, karena dari sisi cerita menurut saya agak dipaksakan (demi mendulang dolar).

jurassic-park3 plane

Munculnya dinosaurus baru (Spinosaurus) yang tak kalah besar dari T-Rex menjadi alternatif yang cukup segar, plus munculnya Pteranodons yang saya nantikan. Intensitas ketegangan film ini juga lebih baik dari film kedua, that’s why i enjoyed this sequel better than The Lost World.

jurassic park3 fly

Well… that’s what i have in mind… Kehadiran Jurassic World tahun 2015 ini jelas akan menjadi pintu baru yang membuka kesempatan untuk menampilkan lebih banyak dinosaurus… yang memakan manusia… Can’t wait… ?

 

Leave a Reply