Disney Pixar’s COCO

Seperti biasa, Film ini dibuka animasi pendek dan kali ini berjudul Olaf’s Frozen Adventure. Dari judulnya harusnya Anda sudah tahu bahwa kisahnya tentang Olaf (suara Josh Gad) si manusia salju di film Disney’s Frozen. Dan menurut saya hanya anak-anak dibawah 7 tahun saja yang bisa menikmatinya.

Film Coco mengisahkan tentang seorang anak dari keluarga di Mexico bernama Miguel Rivera (Anthony Gonzales). Di keluarga Rivera, sepatu adalah segalanya dan musik adalah sebuah hal yang haram, alasannya dijelaskan dalam adegan pembuka diawal film. Miguel merasa dirinya ditakdirkan untuk menjadi musisi karena ia ternyata sangat jago main gitar dan itu semua berkat Ernesto De La Cruz (Benjamin Bratt). Cruz adalah musisi terkenal dan diidolai semua orang termasuk Miguel meskipun Cruz sudah meninggal karena tertimpa lonceng.

Di Mexico ada sebuah tradisi yang disebut Day of the Dead, saat dimana warga Mexico menghabiskan malam bersama para arwah leluhur mereka. Saat itulah Miguel terdampar ke alam baka tempat tinggal para arwah dan itu terjadi gara-gara Miguel mencoba mencuri gitar milik Cruz. Di alam arwah inilah Miguel menemukan fakta tentang Cruz dan belajar tentang pentingnya arti keluarga.

Sutrdara Lee Unkrich memberikan hasil akhir yang sangat baik. Secara teknis memang hampir tidak ada terobosan baru dari animasinya tapi bukan berarti jelek. Sinematografinya sangat apik dan secara visual sangat memanjakan mata dari awal hingga akhir. Yang membuat film ini hebat adalah cerita dan semua karakternya. Jika Anda jeli, konsep ceritanya memang sangat mirip dengan film animasi The Book of Life (ingat lagu Creep-nya Radiohead yang dinyanyikan dengan gitar Mexico?), hanya saja Coco lebih kid friendly. Karena ini film musikal Disney maka score karya Michael Giacchino dan lagu-lagunya menjadi poin yang cukup penting dan untungnya lagu-lagu di film Coco terdengar enak di kuping saya. Sedikit saran, siapkan tisu saat Miguel menyanyikan lagu ‘Remember Me’ untuk mama Coco.

Jadi jika Anda ingin mengajarkan pentingnya musik, kebersamaan dan nilai keluarga pada anak-anak maka ajaklah mereka menyaksikan Coco. Kisahnya bukan cuma menghibur anak-anak tapi juga menyentuh kalbu penonton dewasa dan penasaran dengan Pizza Planet Truck-nya. Coco is one of the best animated motion picture of 2017, you’ll know why when you see it…

Leave a Reply

Tags: , ,