Battle of Surabaya ; kartun Indonesia rasa Jepang

“Tidak ada kemenangan dalam peperangan!” Kalimat itulah yang menjadi dasar cerita film animasi Indonesia yang disutradarai Aryanto Yuniawan dibawah bendera studio MSV pictures dari Yogyakarta.

battle+of+surabaya

Film Battle of Surabaya sebenarnya mengisahkan sepak terjang seorang remaja bernama Musa yang kesehariannya bekerja sebagai tukang semir sepatu merangkap kurir. Agar tidak dicurigai, residen Sudirman meminta Musa menjadi kurir mengantarkan pesan-pesan rahasia untuk tentara Indonesia di berbagai daerah yang sedang menyusun kekuatan untuk mengusir penjajah. Tugas barunya ini bukan tanpa hambatan karena selain dari tentara Belanda dan Jepang, Musa juga harus berhati-hati pada sahabat dekatnya yang bernama Yumna karena ada kemungkinan Yumna anggota kipas hitam yang tidak ingin Indonesia merdeka.

Battle-Of-Surabaya1

Jika ceritanya benar-benar fokus ke karakter Musa tanpa embel-embel flashback karakter lain, mungkin Battle of Surabaya akan lebih mudah dicerna, karena satu-satunya kekurangan film ini menurut saya adalah kisahnya yang bertumpuk-tumpuk sehingga penonton akan kehilangan fokus. Yang agak mengecewakan buat saya adalah minimnya adegan perang 10 November 1945 yang saya nantikan sejak awal.

2015-08-20 16.27.18

Meskipun saya kehilangan fokus cerita, saya bisa fokus menikmati sajian animasi yang luar biasa bagus.. keren abis lah pokoknya..! Meskipun tidak bisa dipungkiri bentuk animasinya akan mengingatkan Anda pada anime/manga yang sudah ada. Untungnya banyak karakter Jepang yang muncul sehingga rasa ‘kartun Jepang’ selama sejam lebih masih bisa saya maafkan.

battle of surabaya2

Bila Anda pecinta animasi, Battle of Surabaya akan memanjakan mata Anda karena presentasi visualnya yang memukau, jadi jangan sampai ketinggalan. Kalo gak salah, studio Disney juga terlibat dalam pembuatannya, itu sebabnya ada ‘rasa Jepang’ bercampur dengan ‘rasa Hollywood’ di film ini, dan kemungkinan distribusinya ke seluruh dunia juga akan dibantu oleh Disney.

 

It scores 6 outta 10!

Leave a Reply