#BatmanVSuperman: Dawn of Justice

IMG_20160328_151148

Jika Anda penggemar berat Superman, jangan sampai melewatkan film Batman v Superman yang sedang diputar dibioskop, ada kejutan (menyedihkan) untuk Anda di akhir film ini. Dan kalo bisa, tonton dulu Man of Steel sebelum menyaksikan Batman v Superman ini.

IMG_20160317_091048

Sutradara Zack Snyder dengan sangat cerdas membuka film ini dari sudut pandang Bruce Wayne (Ben Affleck) ketika Metropolis luluh lantak saat Superman (Henry Cavill) bertarung melawan Zod yang menewaskan ribuan orang di akhir film Man of Steel. Bruce kehilangan banyak karyawannya yang bekerja di Wayne Financial di kota Metropolis, itulah yang membuatnya tidak suka pada Superman, An alien with super power that can kill a lot of people.

IMG_20160323_183126

18 bulan kemudian, Superman masih dipandang sebelah mata meskipun banyak juga yang memujanya. Malah ada yang berusaha memfitnah Superman demi kepentingan pribadi, dialah Lex Luthor (Jesse Eisenberg). Luthor bukan hanya jenius tapi juga psikopat, dia juga yang merancang skenario pembunuhan Batman dan Superman. Luthor tidak percaya dengan konsep adanya orang yang baik sekaligus kuat, ia juga tidak senang ada kekuatan yang lebih hebat dari dirinya. Percaya atau tidak, Lex Luthor menjadi kunci masa depan Justice League yang baru saja dimulai.

IMG_20160323_184025

Saya salut dengan David S. Goyer yang meramu kisah Batman v Superman ini dengan beberapa twist. Selain ada The Dark Knight dan son of Krypton, Wonder Woman (Gal Gadot) juga ambil bagian dalam pertarungan di akhir film. Ada juga penampakan The Flash, Aquaman dan Cyborg yang untungnya cuma singkat saja karena gak terlalu penting dan terlalu dipaksakan. Dan menurut saya kehadiran Wonder Woman di film inipun agak dipaksakan. Bagian kesukaan saya justru saat Bruce Wayne bermimpi tentang Superman yang kejam dan mengambil alih dunia dengan pasukannya.

IMG_20160323_184236

Dengan durasi 2,5 jam, pertarungan Batman vs Superman hanya berlangsung kurang dari 15 menit, jadi jangan terlalu berharap banyak ya, meskipun ada pertarungan lain di akhir film yang ‘sengaja’ di setting agar tidak menimbulkan korban jiwa. Aksi paruh pertama film ini cukup menarik hingga akhirnya kedodoran dan membuat saya bosan hingga akhir film. Buat saya film Man of Steel masih jauh lebih baik, sialnya saya tidak menemukan ‘momen Superman’ di film ini karena semua film Superman sebelumnya pasti ada.

IMG_20160323_182645

Momen Superman buat saya adalah adegan dimana Superman berhasil menyelamatkan orang lain, seperti ketika Superman menangkap Louis Lane saat jatuh dari helikopter di film Superman: The Movie, lalu saat Superman menyelamatkan sebuah pesawat yang roketnya gagal dalam Superman Returns, semua adegan ‘momen Superman’ itu bisa memberikan sensasi unik dan exciting saat disaksikan. Rasanya gimanaaa gitu…

IMG_20160323_184157

Batman V Superman bukan film terbaik Batman maupun Superman. Saya pribadi lebih suka film Man of Steel yang juga disutradarai Zack Snyder dan The Dark Knight karya Chris Nolan, kedua film itu masih yang terbaik dari superhero DC yang diangkat ke layar lebar. Yang menarik adalah masih terlibatnya David Goyer dan Chris Nolan di film ini sehingga secara keseluruhan gak jelek-jelek amat.

IMG_20160323_184124

Ada 2 hal yang menarik perhatian saya, pertama adalah The Batman. Ben Affleck menurut saya cukup baik dalam membawakan karakter Bruce Wayne / Batman, meskipun saya masih lebih suka saat Michael Keaton yang memerankannya. Wayne Manor sudah jadi reruntuhan sehingga Bruce Wayne tinggal di rumah pinggir danau dan tentu saja sarang Batman dibawahnya, keren! Saya sangat tertarik untuk tahu lebih banyak tentang Batman versi Ben Affleck ini, mudah-mudahan nanti ada filmnya sendiri.

IMG_20160323_184327

Yang kedua adalah music score karya Hans Zimmer dan Junkie XL. Jika Anda ngeh, score untuk Wonder Woman terdengar intens dan enak dikuping saya, keren!

IMG_20160328_151745

Overall, BvS jadi film superhero yang menghibur, tidak sesuai harapan tapi tetap mengibur, lumayan buat pemanasan sebelum rilisnya Suicide Squad.

IMG_20160323_070544

Leave a Reply