Attack on Titan; bloody gore kaiju

Saya belum pernah liat atau membaca manga/anime kisah Attack on Titan sebelumnya. Katanya kisah ini sangat populer di Jepang dan beberapa negara lain. Yang saya tahu awalnya hanyalah Attack on Titan adalah kisah monster.

attack-titan-cast

Monsternya sama sekali gak mirip Godzilla, bentuknya humanoid yang kurang sempurna dan tanpa alat kelamin, monster ini disebut Titan. 100 tahun lamanya umat manusia tinggal dalam area berdinding sangat tinggi dan berlapis tiga demi menghindari serangan Titan yang hobinya memakan manusia. Suatu hari tembok paling luar yang selama ini jadi pelindung manusia, roboh dihantam sosok Titan yang jauh lebih besar dari yang pernah ada. Eren (Haruma Miura), Mikasa (Kiko Mizuhara) dan Armin (Kanata Hongo) jadi saksi pembantaian manusia yang dimakan hidup-hidup oleh Titan yang jumlahnya cukup banyak. Eren dan Armin yang selamat bergabung dengan kesatuan pasukan khusus yang bertugas menutup lubang besar di tembok yang rubuh sambil membunuh Titan satu demi satu. Tugas ini tidak mudah, bahkan Eren ‘dimakan’ hidup-hidup oleh salah satu Titan..

Attack-on-Titan-2

Film karya sutradara Shinji Higuchi ini dibagi menjadi 2 bagian, film ini adalah Part 1 dan sequelnya yang diberi subjudul End of The World akan rilis hampir 2 bulan kemudian (di Jepang). Di Indonesia hanya bisa disaksikan di jaringan CGV Blitz dan Cinemaxx, mudah-mudahan Part 2 nya juga rilis dalam waktu yang sama dengan Jepang.

attack-on-titan-live-action-movie-poster

Overall.. Attack on Titan menyajikan tampilan visual yang sangat menarik, apalagi jika Anda penggemar berat monster. Jepang adalah salah satu yang piawai dalam membuat miniatur kota atau bangunan dalam film-film monster yang mereka buat. Hal itu dikombinasikan dengan make up dan spesial efek komputer yang cukup bagus sehingga menghasilkan tampilan yang menurut saya menarik.

Kekurangannya ada di cerita, banyak hal yang klise dan plot holes yang menurut saya cukup mengganggu meskipun cukup banyak informasi yang disampaikan secara naratif, mudah-mudahan sequelnya bisa melengkapi kekurangan tersebut.

posters-attack-on-titan

So.. if you love monster’s movie, Attack on Titan wajib ditonton.. jika Anda ngeri sama darah dan potongan tubuh, siapkan kantong muntah ya…

 

It scores 6 outta 10!

Leave a Reply