Atomic Blonde

Kisah spionase yang populer sampai saat ini ya James Bond dari seri 007 dan Ethan Hunt dari seri Mission Impossible, dan beberapa lainnya yang memang masih didominasi pria. Bagaimana dengan female spy? Kalau buat saya female spy sebagai karakter utama yang memorable tidak banyak, hanya ada Nikita buatan Luc Besson, Evelyn SALT yang diperankan Angelina Jolie dan Susan Cooper yang diperankan komedian Melissa McCarthy. Tahun ini bertambah satu lagi karakter mata-mata wanita yang akan selalu saya ingat, namanya Lorraine Broughton dalam film karya sutradara David Leitch yang pernah membuat John Wick dan sedang membuat Deadpool 2. Dengan film Atomic Blonde ini bersiaplah terkagum kagum dengan aktris Charlize Theron.

Lorraine ditugaskan ke Berlin di Jerman untuk mendapatkan daftar nama mata-mata yang tersimpan dalam sebuah jam tangan yang kini dimiliki seorang agen KGB. David Percival (James McAvoy), agen yang menjadi tuan rumah seharusnya membantu Lorraine untuk mendapatkan jam tersebut namun rupanya David punya agenda tersendiri yang nantinya bisa membuat Lorraine terpojok. Dengan kondisi Jerman yang sedang panas akibat tembok Berlin yang siap untuk runtuh (dan kedatangan David Hasselhoff) karena film ini bersetting di tahun 1989, Lorraine harus berpacu dengan waktu sebelum ia terbunuh dan kehilangan jam tangan yang dicarinya.

Film ini diangkat dari graphic novel yang berjudul The Coldest CIty dan ada 2 hal yang membuat Atomic Blonde spesial, pertama: Charlize Theron, kedua: Soundtrack berisi lagu-lagu yang populer tahun 80an. Jika Anda penggemar kedua hal tersebut… This is one movie you don’t want to miss…!

Theron tampil memikat, baik ketika berdialog maupun saat melakukan adegan laga. Aksi dan koreografi adegan perkelahian yang dilakukan Theron sangat sedap dipandang mata, bagaikan perpaduan antara Jason Bourne dan John Wick. FYI, untuk film ini Theron berlatih fisik bareng dengan Keanu Reeves yang kebetulan sedang mempersiapkan diri untuk film John Wick Chapter 2, mungkin karena mereka menyewa personal trainer yang sama kali ya….

Karena settingnya di tahun 1989 maka soundtracknya juga berisi lagu-lagu yang populer di tahun 80an, ada lagu 99 luftballoons yang earcatching dan beberapa lainnya seperti David Bowie, New Order, Depeche Mode dan Queen yang pasti Anda kenal dan membangkitkan rasa nostalgia, kecuali Anda lahir setelah tahun 1990.

Overall, Atomic Blonde merupakan salah satu film aksi spionase yang menghibur berkat performa juara Charlize Theron dan lagu-lagu yang enak (di kuping saya).

Leave a Reply