Ant Man ; entertaining heist movie

Konsep film Ant Man sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, sutradara Edgar Wright yang mencoba untuk mengangkat ke layar lebar karena ia sangat tertarik dengan salah satu jagoan Marvel ini. Setelah 5 kali ganti draft naskah filmnya, ia hengkang dari proyek Ant Man dan digantikan oleh Peyton Reed sebagai sutradara.

ant-man-banner

Jika Anda jeli, akan terlihat perbedaan yang cukup terasa antara film ini dan film superhero Marvel lainnya, itu karena sebenarnya film karya Edgar Wright memang unik. Buat saya amat disayangkan ia keluar dari proyek ini karena perbedaan kreativitas, memang sih Marvel punya kepentingan dalam menjaga kontinuitas MCU (Marvel Cinematic Universe) sehingga mau tidak mau kehadiran Ant Man pun harus dihubungkan dengan kisah yang sudah ada.

Ant-Man-and pym

Dr. Hank Pym (Michael Douglas) adalah seorang ilmuwan yang memiliki sebuah formula bernama Pym Particle yang bisa membuat sesuatu menciut hingga seukuran serangga. Hank pernah menjadi Ant Man, namun karena usianya yang tidak lagi muda plus trauma yang ia alami karena kehilangan istrinya saat sedang menjalankan misi rahasia, membuat ia harus merekrut orang baru untuk menjadi Ant Man, kandidat yang paling ccocok adalah Scott Lang (Paul Rudd), seorang pencuri handal yang baru keluar dari penjara. Setelah melakukan ‘test drive‘ pada kostum Ant Man, Hank yakin Scott Lang adalah orang yang tepat meskipun Hope (Evangeline Lilly), putri kandung Hank, tidak setuju. Menurut Hope misi ini berbahaya dan bisa membuat Scott tak kan bisa lagi melihat putrinya yang masih kecil untuk selamanya, namun Scott bisa meyakinkan Hank dan Hope bahwa inilah kesempatan bagi dirinya untuk menebus kesalahan yang telah ia lakukan pada putrinya, meskipun ia ragu bisa selamat melawan Darren Cross (Corey Stoll) alias Yellowjacket.

Ant-Man-Movie-Yellowjacket-Header

Buat saya Ant Man bukan film superhero, it’s a heist movie with super costume.. Scott Lang hanya manusia biasa, seorang maling yang diberi kesempatan (menyelamatkan dunia dengan cara mencuri) untuk menjadi orang yang lebih baik agar bisa menjadi panutan bagi putri yang ia cintai, itulah kelebihan film ini. Ant Man mengingatkan saya pada film Iron Man yang pertama dan The Winter Soldier, kedua film itu mengesampingkan super power tokoh utamanya dan mengedepankan kualitas cerita. Khusus untuk Ant Man, porsi komedinya cukup besar, itu sebabnya film ini sangat menghibur dan itu semua berkat kehadiran trio Luis, Dave dan Kurt, rekan sesama maling yang dipercaya oleh Scott Lang.

Salah satu kelebihan Ant Man juga ada pada visualisasi  yang menggunakan macro photography, jelas mengingatkan saya pada film Honey, I shrunk the kids!

antman

Overall, Ant Man sangat menghibur dan terasa beda dengan kisah Avengers lainnya meskipun ada penampilan Falcon dan Captain America di ujung (banget) film ini, adegan tambahan ini memberikan sedikit gambaran tentang Captain America : Civil War.

 

It scores 8 outta 10!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *