#Annabelle: Creation

Annabelle Creation adalah prequelnya prequel dari spinoff film The Conjuring yang kini punya universe sendiri karena gak mau kalah sama universe-nya superhero Marvel. Bingung? Jika Anda penggemar film horor pasti tidak akan bingung. Malahan saya merekomendasikan Annabelle Creation untuk Anda pecinta horor agar menyaksikannya karena film ini menurut saya lebih baik dari film sebelumnya.

Film Annabelle yang pertama bersetting di tahun 1967 sedangkan Annabelle Creation lebih mundur lagi ke tahun 1943 ketika boneka ini pertama kali dibuat oleh Samuel Mullins (Anthony LaPaglia). 12 Tahun setelah kematian Bee (Samara Lee), kediaman Mullins kedatangan anak-anak perempuan asuhan suster Charlotte (Stephanie Sigman). Tak butuh waktu lama untuk anak-anak ini menyadari bahwa ada yang tidak beres di rumah Mullins, puncaknya terjadi ketika Janice (Talitha Bateman) bertranformasi dan bersahabat dengan boneka milik Annabelle.

Annabelle Creation disutradari David F. Sandberg yang pernah membuat Lights Out yang lumayan serem, meskipun saya lebih suka versi pendeknya. Yang dilakukan Sandberg terhadap Annabelle Creation jauh lebih baik dari pendahulunya. Dalam film Annabelle (2014) yang paling bersinar adalah bonekanya maka di film ini akting para bintangnya yang menjadi nilai lebih. Sandberg cukup pintar mengeksplorasi bagian-bagian yang menakutkan dari rumah Mullins dan bonekanya sehingga cukup banyak momen-momen ‘kaget’ di sepanjang film dengan menggunakan metode tradisional, yaitu memanfaatkan ketakutan penonton terhadap sesuatu yang tidak terlihat. Film ini termasuk minim CGI efek alias banyak menggunakan practical effect, yang paling seru adalah ketika Linda (Lulu Wilson) jatuh ke basement dan dikejar-kejar Esther Mullins yang tubuhnya sudah terpotong dua. Adegan ini bukan dilakukan oleh aktris Miranda Otto yang tubuhnya ‘dipotong’ menggunakan efek komputer tapi dilakukan oleh pemain pengganti yang benar-benar tidak memiliki kaki, hasilnya juara!

Overall, Annabelle Creation menjadi salah satu film horor yang bisa menakuti penontonnya dengan sangat efektif, artinya bersiaplah ketakutan saat menonton film ini. Entah terinspirasi dengan film-film Marvel atau bukan, boneka Annabelle adalah bagian dari The Conjuring universe, termasuk Ed & Lorraine Warren serta hantu Valak. Film inipun memiliki post credit scene ditengah dan di akhir film. Adegan yang muncul ditengah ada penampakan boneka Annabelle yang tatapannya yang mengatakan “karena film ini sudah balik modal maka sampai jumpa lagi dengan boneka Annabelle di film berikutnya!”, lalu di penghujung film ada hantu Valak yang muncul agak malu-malu tapi mau dan jelas mengingatkan kita bahwa film The Nun akan segera rilis. FYI.. Valak juga sempat muncul ditengah film Annabelle Creation jika Anda tidak berkedip, you’ll miss it in a blink. Dan jika Anda penggemar berat kasus-kasus yang di tangani suami istri Warren maka bersiaplah kaget dengan penampakan boneka Annabelle yang lucu dan imut itu di film ini, sama persis dengan boneka aslinya yang ada di museum pribadi Warren.

Leave a Reply