American Made Review

Tom Cruise berperan sebagai Barry Seal, seorang pilot maskapai TWA di Amerika yang punya pekerjaan sampingan menyelundupkan barang-barang dengan akses pilotnya. Alih-alih ditangkap ia malah diminta bekerja untuk CIA (Central Intelligence Agency) mengumpulkan informasi dalam bentuk foto udara di wilayah Amerika Tengah yang saat itu sedang bergejolak. Barry juga diminta menjadi kurir atau penghubung (tidak resmi) antara CIA dan Jendral Noriega di Panama, lebih tepatnya mungkin jual beli informasi.

Kartel Medellin (ingat Pablo Escobar?) yang menguasai perdagangan obat bius ingin memanfaatkan akses yang dimiliki Barry untuk mendistribusikan narkotika mereka didalam wilayah Amerika Serikat. Dengan imbalan uang tunai yang berlimpah, tentu saja Barry memanfaatkannya, toh ia juga sedang kesulitan keuangan. Secara ajaib ia kini menjadi kaya raya dan bahkan kota kecil bernama Mena di daerah Arkansas pun tidak sanggup menampung semua uang cash yang ia miliki. Aktivitas Barry mulai dicurigai FBI (Federal Bureau of Investigation) dan DEA (Drug Enforcement Administration) terkait human trafficking, perdagangan senjata, pencucian uang, transaksi narkoba dan masih banyak lagi. Bahkan setelah tertangkap, Barry tidak dijebloskan ke penjara oleh pemerintah malah diberi pekerjaan oleh gedung putih. Gila kan?

Kisah Barry Seal ini memang unik dan sutradara Doug Liman memperesentasikannya dengan baik, Tapi entah kenapa saya merasa masih ada yang kurang, kayak ada sesuatu yang mengganjal tapi bukan plot holes. Yang paling terlihat adalah Tom Cruise, meskipun aktingnya bagus dalam memerankan Barry Seal, kok kayaknya dia bukan aktor yang tepat. Mungkin karena ia gak banyak memerankan karakter nyata di film, dari puluhan film Tom Cruise mungkin ini yang ketiga atau keempat ia memerankan tokoh yang benar-benar nyata, bukan fiktif seperti Jack Reacher atau Ethan Hunt. Saya pribadi sih lebih suka Cruise dengan karakter – karakter fiktifnya. Tapi bukan berarti film ini jelek, American Made sangat menarik dan menghibur.

Overall, film American Made mungkin bisa membuka mata Anda bahwa anything can happen, bahkan hal yang paling gila sekalipun, tentu saja dengan konsekwensinya.

Leave a Reply