A Copy of My Mind, gambaran film bajakan ala @JokoAnwar

Joko Anwar termasuk salah satu sineas Indonesia yang menurut saya mampu menghasilkan film yang ‘unik’ dan menarik untuk dibahas, termasuk yang satu ini, A Copy of My Mind.

IMG_20160212_213837

Wanita muda bernama Sari (Tara Basro) suka nonton film, mungkin karena faktor ekonomi ia lebih suka beli bajakan. Alek (Chicco Jericho) memergoki Sari yang mencuri DVD bajakan karena merasa dirugikan akibat subtittle yang jelek (emangnya subtittle DVD bajakan ada yang bagus ya?), mengajak Sari ke tempat kost-nya karena banyak film baru disana, Alek memang bekerja sebagai pembuat subtittle film-film bajakan. Mungkin juga karena kebiasaan, Sari mencuri sebuah film dari kliennya yang ada di penjara, isinya ternyata sebuah film yang bisa membuat nyawanya terancam.

IMG_20160212_213821

Satu hal yang pasti, film A Copy of My Mind sarat dengan kritik sosial, cukup pedas malah kalau menurut saya. Gambaran tentang kondisi masyarakat di Indonesia (terutama gambaran politik) terlihat amat jelas dan saya yakin sangat familiar dengan penonton disini.

IMG_20160212_213713

Alurnya yang berjalan lambat akan membuat penonton yang gak suka drama akan terkantuk-kantuk. Untung penampilan Basro dan Jericho cukup apik disepanjang film, sehingga tidak terlalu membosankan, well… Kecuali adegan seksnya yang memang membosankan.

IMG_20160212_213200

Overall.. A Copy of My Mind bisa dibilang sebuah ‘art film‘ yang padat kritik sosial dengan balutan romansa yang tanggung. Film ini jelas ingin mengkritik penontonnya di Jakarta. I mean, siapa sih yang belum pernah ke Glodok untuk cari film bajakan? Cuma orang Indonesia yang beli film bajakan dan komplain karena gambar atau subtittlenya jelek.. Iya kan..??!!

IMG_20160212_213130

Leave a Reply