6 Days

Pada tanggal 30 April 1980, kedutaan Iran yang ada di kota London didatangi teroris dan menyandera para penghuninya yang berjumlah lebih dari 20 orang selama 6 hari. Pimpinan teroris yang bernama Salim (Ben Turner) menuntut agar narapidana arab yang dipenjara di Iran untuk dibebaskan segera, jika tidak maka Salim akan membunuh para sandera. Max Vernon (Mark Strong) menjadi petugas yang menegosiasikan tuntutan para teroris dan Jamie Bell memerankan Rusty yang memimpin squadron militer SAS (Special Air Forces) yang siap mendobrak gedung kedutaan Iran setiap saat, ditambah Abbie Cornish yang memerankan Kate Adie, reporter BBC yang menyiarkan langsung kejadian di lokasi.

Ceritanya mungkin sudah banyak yang tahu dan bagi yang belum tahu silahkan di Google karena menurut saya kejadian aslinya lebih menarik dari film ini. Jika Anda tidak tertarik dengan detail politis dan lebih suka action yang diangkat dari kisah nyata, maka film 6 Days karya sutradara Toa Fraser ini mungkin bisa menarik perhatian Anda. Sialnya, dua per tiga awal film ini berisi drama dan intrik politik yang biasa saja, kalau tidak mau dibilang membosankan. Pada babak Hari ke 5 dan 6 lah adegan aksinya mulai tancap gas dan akan menarik perhatian Anda. Mungkin tidak seheboh film-film teroris ala Hollywood yang lebay, Toa Fraser meramu adegan aksi diakhir film ini dengan sangat baik dengan proporsi yang pas serta tetap menegangkan.

Overall film 6 Days bisa menjadi pelajaran sejarah tentang terorisme yang bisa kita ambil hikmahnya. Meskipun semua aspek di film ini terasa nanggung apalagi karakternya yang sangat minim penjelasan, hasil akhirnya sih gak jelek-jelek amat terutama bila Anda menyempatkan diri mencari tahu kejadian detail yang terjadi tanggal 30 April 1980. Mungkin hanya penonton yang lahir di tahun 70an saja (seperti saya) yang akan mengingat film ini, selebihnya akan memilih film semacam London Has Fallen menjadi film aksi teroris terbaik yang pernah mereka lihat.

Leave a Reply

Tags: