22 Jump Street; the return of no brainer cops

Tahun 2012 lalu ada sebuah remake film komedi yang seru berjudul 21 Jump Street, versi layar lebar dari serial televisi yang populer tahun 90an dan tahun ini hadir sequelnya dengan titel 22 Jump Street. FYI, nama 21 Jump Street adalah alamat lokasi dimana markas kepolisian divisi remaja tersebut berada dan 21 Jump Street merupakan gedung yang dulunya adalah gereja Korea. Orang Korea membeli kembali gedung itu sehingga markas mereka terpaksa harus pindah ke seberangnya dengan alamat baru yang dulunya merupakan gereja Vietnam; 22 Jump Street. Lucunya, di samping gedung ini ada sebuah spanduk besar bertuliskan “Coming Soon! 23 Jump Street” LoL
Team yang bertanggung jawab di film pertama kembali hadir disini, Jonah Hill sebagai Schmidt, Channing Tatum sebagai Jenko dan Ice Cube sebagai Captain Dickson dibawah komando duo sutradara Phil Lord & Chris Miller. Schmidt dan Jenko kali ini ditugaskan disebuah kampus untuk menyelidiki kematian seorang mahasiswi akibat pengaruh obat bius baru bernama WHY-PHY (dibaca wai-fai). Mereka berdua harus menemukan siapa pengedar dan bandarnya sebelum zat terlarang itu beredar bebas diluar kampus.
Dari sisi kualitas cerita, terasa penurunan yang cukup parah (film 21 Jump Street saya beri score 8) dan tidak secerdas film pertamanya. Bicara soal cerdas, film ini dengan sangat cerdas ‘mengejek’ segala sesuatu yang berkaitan dengan film ini sendiri serta genre-nya secara umum. Dibalik semua kekurangannya, justru kritik (untuk konsep film-film sequel) yang dituangkan dalam banyak dialog disepanjang film ini lah yang sangat menghibur buat saya, beberapa adegan slapsticknya malah terasa garing jika dibandingkan interaksi verbal yang sarkastik para karakter utamanya. Saran saya, Anda tidak perlu berfikir keras dalam menikmati film ini, just sit back and enjoy their insanity..! Jika Anda penggemar genre komedi, you’re gonna love this movie! One more thing… closing creditnya benar-benar mengejek konsep kelanjutan film ini sendiri dengan cara yang menurut saya cukup brilian dan berhasil membuat saya terpingkal-pingkal… LoL!!

It scores 6 outta 10!

Leave a Reply